Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda dishub@kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

LAYANAN IZIN PENGOPERASIAN ANGKUTAN PENYEBERANGAN

 Proses Penyampaian Pelayanan 

JENIS PELAYANAN

:

Layanan Izin Pengoperasian Angkutan Penyeberangan.

1.       PERSYARATAN

:

1.        Surat Permohonan kepada Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim.

2.        Gross Akta.

3.        NPWP Perusahaan.

4.        KTP Penanggung Jawab.

5.        Surat Izin Usaha Angkutan Penyeberangan (SIUAP).

6.        Surat Izin Usaha Angkutan Laut (SIUPAL).

7.        Memiliki kelengkapan kelaikan kapal penyeberangan.

8.        Data kondisi fisik kapal.

9.        Surat persetujuan pengoperasian kapal.

10.     Kartu Pengawasan Izin Trayek.

2.     SISTEM, MEKANISME, DAN PROSEDUR

:

a.     Pemohon :

Mengajukan surat permohonan pengoperasian angkutan penyeberangan kepada Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim.

 

b.     Dinas Perhubungan Prov. Kaltim / Bidang Pelayaran :

  1. Menerima disposisi surat dari Kepala Dinas beserta dokumen permohonan dari Pemohon.
  2. Apabila dokumen lengkap, maka dilakukan peninjauan lapangan (survei ke perusahaan), jika tidak pemohon akan dihubungi untuk melengkapi.
  3. Memproses penerbitan surat izin pengoperasian angkutan penyeberangan.
  4. Menyampaikan surat izin pengoperasian angkutan penyeberangan kepada Pemohon.

3.        WAKTU PELAYANAN

:

7 (tujuh) hari tiap 1 (satu) surat dengan peninjauan lapangan.

4.        BIAYA/TARIF

:

Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah).

5.        PRODUK PELAYANAN

:

1.     Dokumen izin pengoperasian angkutan penyeberangan.

2.     Rekapitulasi daftar perusahaan yang memiliki izin pengoperasian angkutan penyeberangan.

6.       PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN

:

Website : dishub.kaltimprov.go.id

Email : info@dishub.kaltimprov.go.id

Seksi Angkutan Pelayaran Rakyat dan ASDP pada Dinas Perhubungan Prov. Kaltim.

Jl. Kesuma Bangsa No. 1 Samarinda.

Telepon: (0541) 207033.

Proses Pengelolaan Pelayanan di Internal Organisasi (Manufacturing)

1.       DASAR HUKUM

:

1.     UU Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

2.     PP Nomor 20 Tahun 2010 tentang Angkutan di Perairan.

3.     PM Nomor 73 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau.

4.     PM Nomor 25 Tahun 2015 tentang Standar Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan.

5.     Pergub Nomor 23 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Pergub Kalimantan Timur Nomor 30 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Satu Pintu.

2.       SARANA DAN PRASARANA, DAN/ATAU FASILITAS

:

1.     Komputer.

2.     Printer.

3.     Mesin fotokopi.

3.       KOMPETENSI PELAKSANA

:

1.     Sarjana/SLTA serta memahami tentang peraturan terkait pelayaran dan ASDP.

2.     Mampu menggunakan komputer.

4.       PENGAWASAN INTERNAL

:

-      Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim.

-      Pemohon.

5.       JUMLAH PELAKSANA

:

1 (satu) orang.

6.       JAMINAN PELAYANAN

:

Mempunyai kompetensi di bidang perizinan angkutan penyeberangan, dan bekerja sesuai dengan peraturan / ketentuan yang berlaku.

7.       JAMINAN KEAMANAN DAN KESELAMATAN PELAYANAN

:

Hasil surat izin pengoperasian angkutan penyeberangan sesuai dengan fakta di lapangan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan tentang pelayaran.

8.       EVALUASI KINERJA PELAKSANA

:

Secara berkala dilaporkan kepada atasan langsung.

  • Data belum ada
  • Data belum ada
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR