Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023

SAMARINDA – Penyelenggaraan kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tahun 2023 dilaksanakan dalam rangka upaya Pemprov. Kaltim dalam hal ini Dinas Perhubungan Prov. Kaltim untuk menempatkan profesi “Awak Kendaraan Angkutan Umum (Abdi Yasa)” sejajar dengan profesi lainnya melalui pemberian penghargaan kepada para awak kendaraan angkutan umum yang telah ikut berperan serta dalam meningkatkan keselamatan dan pelayanan jasa angkutan umum yang optimal di jalan. Dimana kegiatan ini juga sejalan dengan amanah kegiatan Nasional sesuai dengan Permenhub. Nomor. PM 78 Tahun 2019 tentang Pemberian Penghargaan Abdi Yasa dan Penghargaan Wahana Adhiguna.

Acara dibuka secara langsung oleh Bapak Yudha Pranoto selaku Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain terkait tingginya tingkat kecelakaan salah satu faktor yang paling banyak disebabkan oleh kesalahan faktor manusia (human error), sehingga dalam rangka mengurangi angka kecelakaan ini dibutuhkan pengemudi yang mempunyai kompetensi yang memadai yaitu pengetahuan yang luas, keterampilan mengemudi yang handal serta memiliki perilaku yang baik saat mengemudi kendaraan. Dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan berdampak positif khususnya bagi awak kendaraan umum untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku, pelayanan dan disiplin yang benar dalam berlalu lintas di jalan serta untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa angkutan.

Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Prov. Kaltim dilaksanakan di Hotel Harris Samarinda selama 2 hari (30-31 Mei 2023), dengan jumlah peserta sebanak 28 Orang yang merupakan perwakilan dari 5 Kab./Kota se Kaltim (Samarinda, Balikpapan, Berau, Paser dan Kutim) dari 16 perusahaan angkutan umum yang telah diseleksi sebelumnya oleh Dinas Perhubungan Kab./Kota. Dalam kegiatan ini, setiap perwakilan pengemudi dari tiap Kab./Kota mengikuti pengarahan dan pemberian materi dari Dishub.Prov. Kaltim, Ditlantas Polda Kaltim, BPTD XVII Kaltimtara Kemenhub, BPSDM Prov. Kaltim, dan PT. Jasa Raharja. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini terkait : keselamatan transportasi jalan, Undang-Undang 22 Tahun 2009, tata cara berlalu lintas dan penegakan hukum lalu lintas, pelayanan angkutan umum, teknik dan laik jalan kendaraan bermotor, asuransi, defensive driving/safety driving/eco driving/smart driving. Selasa (30/5/2023).

Dimana Kegiatan Pemilihan Abdi Yasa Teladan merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kab./Kota, Provinsi, sampai dengan tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan RI. Sehingga diharapkan nantinya dari perwakilan Prov. Kaltim dapat memenangkan sebagai Juara Abdi Yasa Teladan tingkat Nasional di Jakarta.
(Cezz-LLAJ-AbdiYasa-30/5/2023)


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR