Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK-PAU) Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK-PAU)

Forum Keselamatan Lalu Lintas Jalan (LLAJ) Provinsi Kalimantan Timur yang sebelumnya digelar pada tanggal 17 Oktober 2023, dengan tema "Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum (SMK-PAU)" yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang SMK-PAU di kalangan para pelaku industri angkutan umum.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto, dan dihadiri oleh Narasumber dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Dalam forum ini, para Peserta mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai sistem manajemen keselamatan perusahaan angkutan umum dan bagaimana mengelola risiko kecelakaan dengan lebih baik.

Menindaklanjuti kegiatan forum ini, dilakukan kunjungan lapangan ke PO. Pandawa 87 di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Kunjungan ini bertujuan untuk mengimplementasikan secara langsung penilaian SMK-PAU baik dari segi administrasi maupun teknis.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut undangan yang diterima dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui surat No. UM.202/9/20/DJPD/2023 tanggal 13 Oktober 2023 perihal Surat Undangan Dalam Rangka Implementasi SMK-PAU.

Diharapkan melalui kegiatan yang telah dilakukan ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Perhubungan dapat merealisasikan implementasi SMK-PAU di Perusahaan Angkutan Umum yang beroperasi di wilayah Kaltim. Hal ini akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan transportasi yang lebih aman bagi Masyarakat dan mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Kepedulian terhadap keselamatan dalam transportasi merupakan tanggung jawab bersama, dan melalui kegiatan - kegiatan seperti ini diharapkan kesadaran dan pemahaman tentang SMK-PAU dapat terus ditingkatkan.


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR