Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

04 April 2023 Admin Website Kesekretariatan 1586
Bimbingan Teknis Aplikasi Srikandi menuju Peningkatan Kinerja SDM Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur Bimbingan Teknis Aplikasi Srikandi menuju Peningkatan Kinerja SDM Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur

Samarinda - Hari ini, Selasa (04/04/2023) dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek)
Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), yang merupakan perwujudan keinginan Pemerintah untuk terus menerapkan dan mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ke setiap bidang sektor, termasuk proses kerja sistem kearsipan, khususnya persuratan, yang terus diupayakan agar lebih cepat, efisien dan berbasis digital, dimana arsip tersimpan secara terpusat, online dan terintegrasi dari tingkat daerah hingga tingkat pusat. 

Mendukung gerakan SPBE yang dicanangkan Pemerintah tersebut, dan sekaligus dalam rangka peningkatan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembinaan Arsiparis, kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Penggunaan Aplikasi SRIKANDI ini dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, dengan menghadirkan Arsiparis Ahli Muda DPKD Provinsi Kalimantan Timur, Dewi Susanti, S.E., M.M.A dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur.

Dewi menyampaikan bahwa untuk dapat menerapkan aplikasi SRIKANDI ini, baik Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu menyediakan 4 (empat) pilar penyelenggara kearsipan, yaitu Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Sistem Klasifikasi Keamanan Akses Arsip Dinamis (SKKAAD).

“Fitur populer SRIKANDI itu berbasis cloud, sehingga tidak membutuhkan server-server lainnya. Pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas dapat dilakukan secara elektronik setiap saat. Pemakaian arsip lintas unit kerja/instansi dapat lebih cepat, mudah dan aman. Dengan segala kebermanfaatan SRIKANDI tadi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja para penggunanya," demikian disampaikan beliau sebelum bimtek dimulai.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh ASN (PNS maupun Non PNS) Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, baik Dinas maupun UPTD Terminal.

Aplikasi SRIKANDI diharapkan sudah dipakai oleh berbagai OPD pada awal Mei 2023 ini, sebab, aplikasi SRIKANDI begitu penting dalam pengelolaan arsip, mulai dari penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip sampai dengan penyusutan arsipnya. (Yk-Sek/23)


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR