Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2023/1444 H PROVINSI KALIMANTAN TIMUR RAPAT KOORDINASI PENYELENGGARAAN ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2023/1444 H PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 1444 H/2023, bertempat di Ruang Ruhui Rahayu Lantai 1 Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Selasa (11/4/2023).
Rakor dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesra, Christianus Benny, mewakili Gubernur Kalimantan Timur.

Bertindak sebagai narasumber Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Kalimantan Timur (diwakili Kolonel Inf. Jayus), Kapolda Kalimantan Timur (diwakili Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Sonny Irawan) dan Komandan Korem 091/ASN Samarinda (diwakili Kasi Ops Korem 091/ASN Letkol Inf. Dadi Sutandi).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, Yudha Pranoto selaku Moderator, dalam pengantarnya mengatakan untuk mewujudkan “Mudik Aman dan Berkesan” sebagaimana tagline Kementerian Perhubungan diperlukan koordinasi dan sinergi yang baik antar instansi yang terkait dalam Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 1444 H/2023 di Kalimantan Timur.
Menurut Yudha Pranoto isu strategis yang perlu diantisipasi adalah lonjakan penumpang angkutan umum, euphoria Masyarakat karena sudah bebas Covid 19, cuaca ekstrim dan gangguan keamanan pada simpul transportasi.

Kolonel Jayus menyampaikan menurut data analisis intelijen BIN Daerah Kaltim, situasi dan kondisi Kalimantan Timur sampai dengan saat ini secara umum sangat kondusif, pertumbuhan ekonomi cukup baik, ketersediaan bahan pokok terpenuhi, sehingga kegiatan Masyarakat diprediksi akan mengalami peningkatan selama liburan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023/1444 H.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalimantan Timur menyampaikan dalam rangka pengamanan dan pengaturan lalu lintas selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran Idul Fitri tahun 2023/1444 H, Polda Kalimantan Timur akan menggelar Operasi Ketupat Mahakam 2023 selama 14 hari mulai tanggal 18 April – 01 Mei 2023.

Polda Kaltim akan mendirikan Posko sebanyak 67 unit tersebar di seluruh wilayah hukum Polres di Kalimantan Timur. Terdiri dari Pos Terpadu, Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan.

Selama operasi Polda Kaltim akan menerjunkan anggota sebanyak 2.072 personil dan Gelar Pasukan Ops Ketupat Mahakam 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2023 di Balikpapan.

Sementara itu, Kasi Ops Korem 091/ASN Letkol Inf. Dadi Sutandi menyampaikan dalam menjalankan fungsinya melaksanakan operasi militer selain perang, TNI siap memberikan dukungan Personel untuk membackup Pemda/Polri dalam pengamanan angkutan lebaran tahun 2023/1444 H. Selain itu Letkol Dadi menyarankan agar dilakukan pengendalian terhadap angkutan barang dengan kendaraan besar selama libur lebaran untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Pada sesi diskusi, semua pihak yang terkait menyampaikan kesiapannya dalam melaksanakan ataupun mendukung penyelenggaran angkutan lebaran tahun 2023/1444 H, antara lain Otban VII Balikpapan, PT. Angkasa Pura I Bandara SAMS, Bandara APT. Pranoto, KSOP Balikpapan, KSOP Samarinda, BMKG, PT. ASDP, Dinas PUPR Kaltim, BBPJN dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR