Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

13 September 2022 Admin Website Lalu Lintas Angkutan Jalan 3143
PELAJAR PELOPOR KESELAMATAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN (LLAJ) TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

JAKARTA – Dalam rangka melahirkan Pelajar yang berprestasi dan memiliki kepedulian dalam mewujudkan keselamatan LLAJ serta menanamkan dan membangun pemahaman kesadaran dalam berperilaku tertib berlalu lintas untuk mengurangi resiko kecelakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka setiap tahunnya diadakan agenda Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Prov. Kaltim yang dilanjutkan ke jenjang Nasional, hal ini juga sejalan dengan agenda Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan sesuai dengan Permenhub RI No PM 52 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Pelajar Pelopor Keselamaan LLAJ.

Kegiatan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ Tingkat Prov. Kaltim dilaksanakan selama 2 hari (3-4 Agustus 2022) di Hotel Harris Samarinda, para peserta sejumlah 26 orang pelajar berasal dari perwakilan SMA/SMK/MAN di 6 Kab./Kota se-Kaltim (Samarinda, Balikpapan, Kukar, Kutim, Berau dan Paser), dimana Pelajar Pelopor yang dikirim untuk tingkat Provinsi merupakan hasil pemenang perwakilan dari Kab/Kota yang telah melaksanakan kegiatan tersebut pada tingkat Kab/Kota.

Beberapa kriteria dan persyaratan bagi Peserta Pelajar Pelopor meliputi : mempunyai apresiasi dan wawasan Keselamatan LLAJ dengan memahami terkait lalu lintas dan angkutan jalan, memiliki ide, karya kreatif dan/atau inovatif dalam Keselamatan LLAJ, mampu memotivasi lingkungan sekitarnya serta terlibat aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler sekolah untuk mendukung dalam menyebarkan informasi atau pengetahuan terkait Keselamatan LLAJ dan dapat berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya dan/ atau memiliki keterampilan seni dan budaya.

Pemenang Pelajar Pelopor Tingkat Prov. Kaltim untuk 2 peserta terbaik akan diikutsertakan dalam event Nasional yaitu Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan RI pada tanggal 12-15 September 2022 di hotel Mercure Jakarta. Perwakilan dari Kalimantan Timur adalah :
1. Ida Ayu Livia Artika Dewi (SMAN 1 Balikpapan)
2. Adji Zahra Mahdiyyah (MAN Berau)

Peserta Pelajar Pelopor tingkat Nasional pada saat ini telah dimulai Pembukaan pada tanggal 12 September 2022 dan rencana akan ditutup serta diumumkan pemenangnya oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 15 September 2022. Peserta kegiatan tingkat Nasional ini sebanyak 37 orang pelajar yang merupakan perwakilan dari 17 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, setiap perwakilan pelajar dari tiap provinsi mengikuti pengarahan dan pemberian materi dari Kemenhub. RI dan praktisi transportasi serta beberapa narasumber lainnya, yang selanjutnya dilaksanakan penilaian pemaparan proposal terkait inovasi keselamatan LLAJ dengan tema Indonesia Future Transport.

Beberapa arahan dan semangat dari Bapak Yudha Pranoto selaku Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim kepada wakil Kaltim pada saat acara pembukaan adalah agar adik-adik dapat serius dan santai dalam mengikuti rangkaian materi dan seluruh acara sd selesai dengan mengedepankan sopan santun, keluwesan dalam bersosialisasi, mencerminkan dan mengenalkan nilai budaya daerah Kaltim ke level nasional serta meningkatkan pengetahuan terkait keselamatan LLAJ. SEMANGAT BERJUANG RAIH PRESTASI TERBAIK UNTUK KALTIM ……………
(Cezz-LLAJ-13/9/2022)

 

HARHUBNAS 2022
BANGKIT MAJU BERSAMA


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR