Jl. Kesuma Bangsa No. 1 - Samarinda info@dishub.kaltimprov.go.id 0541-737267 0541-207033

18 Juli 2023 Admin Website Pelayaran 995
Forum Keselamatan Pelayaran Kaltim 2023 Forum Keselamatan Pelayaran Kaltim 2023

Balikpapan (18 Juli 2023) - Forum Keselamatan Pelayaran Kalimantan Timur Tahun 2023 resmi dibuka oleh Kadishub Prov. Kaltim Yudha Pranoto mewakili Gubernur Kalimantan Timur dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan sesuai Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor : 551.44/K.402/2018 tentang Pembentukam Forum Keselamatan Pelayaran Kalimantan Timur yang terdiri dari jajaran instansi vertikal di Kalimantan Timur maupun instansi pemerintah daerah provinsi dan kab/kota se Kaltim dan stakeholder / mitra kerja perhubungan serta perwakilan para pemilik kapal sungai dan danau.

Forum ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam berlayar di Provinsi Kalimantan Timur, dengan mengoptimalkan sinergi antar pemangku kepentingan. Kegiatan ini telah dilaksanakan rutin setiap tahun sejak tahun 2018 dengan tema yang berbeda-beda.

Tahun ini, tema Forum adalah "Terwujudnya Penegakan Hukum dan Konsolidasi Fungsi Keselamatan dan Keamanan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan di Provinsi Kalimantan Timur", yang selaras dengan terbitnya beberapa aturan baru di bidang pelayaran, termasuk PP 31 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Bidang Pelayaran dan PM 61 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau.

Gubernur Kalimantan Timur melalui Kadishub prov.kaltim menekankan pentingnya kerja sama dan sinergi antara pemangku kepentingan di bidang ini untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan di Provinsi Kalimantan Timur.

Forum ini diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi atas permasalahan yang dihadapi di lapangan dan juga menjadi pedoman bagi pelaksanaan kegiatan di lapangan serta penegakan hukum terhadap ketidakpatuhan untuk meningkatkan penyelenggaraan angkutan sungai, danau dan penyeberangan agar menjadi lebih tertib dan keselamatan pelayaran akan terwujud.


Artikel Terkait
KONTAK DISHUB
STATISTIK
LINK APLIKASI
© DINAS PERHUBUNGAN
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR