Slider
Custom Adv 1

BERITA 5

Kepala Bidang Pelayaran :

  1. Mengarahkan penyusunan rencana program Bidang Pelayaran dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.
  2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja Bidang Pelayaran sesuai tugas pokok dan fungsi agar dapat dilaksanakan dengan efektif.
  3. Mendistribusikan tugas kepada Kepala Seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas Bidang Pelayaran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk sinkronisasi tugas.
  5. Mengendalikan pelaksanaan tugas Bidang Pelayaran dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas.
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan kepelabuhanan, badan usaha dan jasa terkait angkutan pelayaran, angkutan pelayaran rakyat, dan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.
  7. Menyiapkan bahan koordinasi perencanaan program kepelabuhanan, badan usaha dan jasa terkait angkutan pelayaran, angkutan pelayaran rakyat, dan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.
  8. Menyiapkan bahan pembinaan, bimbingan, pengendalian dan pengaturan teknis kepelabuhanan, badan usaha dan jasa terkait angkutan pelayaran, angkutan pelayaran rakyat, dan angkutan sungai, danau, dan penyeberangan.
  9. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan / pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai.
  10. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pelayaran di kabupaten / kota sesuai ketentuan peraturan perundangan yang berlaku untuk mengetahui capaian hasil.
  11. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Bidang Pelayaran untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan.
  12. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada pimpinan.

Written by June 05 2018 0

Balikpapan – Dinas Perhubungan Prov. Kaltim terus menindaklanjuti persiapan angkutan lebaran, terlebih mendekati masa libur lebaran. Kali ini kegiatan ramp check angkutan umum dilakukan di Kota Balikpapan dan dilaksanakan di Terminal Tipe A Batu Ampar, Senin (04/06/2018).

Kegiatan ramp check diikuti oleh Pj. Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, dan Direktur Bimbingan Keselamatan Kementerian Perhubungan RI, Ahmad Yani, serta dinas terkait seperti Dinas Perhubungan Prov. Kaltim, Kepolisian Daerah Kaltim, BPTD XVII Balikpapan, Polres Balikpapan, Dinas Perhubungan Kota Balikpapan, dan Satpel Terminal Tipe A Batu Ampar.

Pelaksanaan ramp check sendiri dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dimana pada hari pertama kegiatan dilanjutkan dengan Buka Bersama (Bukber) di Terminal Tipe A Batu Ampar bersama Direktur Bimkes Kemenhub RI.

Ramp check ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan dan mewujudkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) khususnya angkutan umum untuk persiapan angkutan lebaran tahun 2018. Pelaksanaan ramp check dilakukan terhadap 14 unit Bus AKDP dan 6 unit MPU, dimana telah dilakukan pengecekan berupa dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan. Hasilnya yaitu 3 (tiga) unit bus boleh berangkat dengan catatan melakukan perbaikan seperti wiper dan ban cadangan.

Ahmad Yani menyampaikan masukan kepada pengemudi angkutan umum agar para pengemudi dapat tetap menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan dan dalam mengemudikan kendaraan tidak terpengaruh oleh minuman keras / narkoba, serta mematuhi peraturan yang terkait dengan berlalu lintas di jalan, dan tidak lupa untuk tetap mengutamakan pelayanan terhadap pengguna jasa angkutan umum.

Written by May 22 2018 0

Samarinda - Kabar gembira bagi masyarakat Samarinda, terutama yang akan bepergian ke luar kota menggunakan pesawat. Dengan akan dioperasikannya Bandara APT Pranoto di Samarinda, maka masyarakat tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu di jalan untuk sekedar terbang menuju kota yang dituju.

Menyambut soft opening penerbangan pertama di Bandara APT Pranoto, maka DAMRI akan memberikan layanan gratis selama sebulan bagi penumpang untuk melakukan perjalanan pulang pergi ke Bandara APT Pranoto, dimulai dari tanggal 24 Mei 2018 sampai dengan 24 Juni 2018.

Operasional DAMRI sendiri rencananya akan menggunakan Medium Bus AC kapasitas 19 seat dengan 2 (dua) rute sebagai berikut :

Rute I :

Terminal S.Kunjang - Slamet Riyadi - Gajahmada - Awang Long - Bayangkara - Kesuma Bangsa- Agus Salim- Gatot Subroto- Achmad Yani- Perum Alaya- DI Panjaitan- Terminal Lempake - Bandara APT Pranoto.

Rencana Rute II :

Terminal S.Kunjang -Slamet Riyadi- Meranti- Tengkawang- MT Haryono- Juanda- AWS- POOL DAMRI(AWS) - PM Noor- DI Panjaitan- Terminal Lempake – Bandara APT Pranoto.

Untuk Penumpang sendiri hanya boleh naik dan turun di Terminal S.Kunjang, Terminal Lempake, Pool Damri (AWS) dan Bandara APT Pranoto.

(Sal-Dishub-DAMRI-22/05/2018)

Written by May 18 2018 0

Samarinda – Untuk meningkatkan dan mewujudkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), khususnya angkutan barang dalam rangka persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2018, maka Dinas Perhubungan Prov. Kaltim, Polresta Samarinda dan Dinas Perhubungan Kota Samarinda melaksanakan kegiatan inspeksi keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (ramp check) terhadap angkutan barang di Terminal Peti Kemas Palaran, Rabu (16/05/2018).

Dalam pelaksanaan ramp check dilakukan pemeriksaan terhadap angkutan barang sejumlah 15 unit angkutan peti kemas, dimana telah dilakukan pengecekan berupa dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan. Hasil dari pelaksanaan ramp check angkutan barang yang ditahan sebagai Barang Bukti (BB) berupa : STNK sebanyak 3 buah, kendaraan sebanyak 3 unit dan buku uji sebanyak 2 buah.

Beberapa masukan disampaikan oleh Kepala Seksi Keselamatan Sarana dan Prasarana Dishub. Prov. Kaltim, Djumadi kepada pengemudi angkutan barang agar para pengemudi angkutan barang dapat tetap menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan dan yang terpenting para supir dalam mengemudikan kendaraan harus dalam kondisi fit dan tidak terpengaruh oleh minuman keras/narkoba serta mematuhi peraturan yang terkait dengan berlalu lintas di jalan, sehingga diharapkan akan terciptanya keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan.
(Cezz-LLAJ-RampCheck-17/05/2018)

Written by October 26 2017 0

KUNJUNGAN DINAS PERHUBUNGAN MAHAKAM ULU
KE DINAS PERHUBUNGAN PROV. KALTIM

Written by May 17 2017 0

Dinas Perhubungan Prov. Kaltim mendukung terjaminnya keselamatan penumpang pengguna kendaraan umum, terlebih menghadapi lebaran tahun 2017. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya pemeriksaan (ramp check) dimana Bidang Pelayaran khususnya ASDP Dinas Perhubungan Prov. Kaltim bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota melakukan pemeriksaan dan monitoring terhadap aspek keselamatan dan kelaikan armada angkutan umum, sungai, danau dan penyeberangan di Pelabuhan Sungai Kunjang pada Selasa (16/05/2017).

Ramp check adalah pemeriksaan yang dilakukan secara periodik di lapangan (saat operasional) kendaraan-kendaraan penumpang untuk memastikan kelaikan angkutan demi menjamin keselamatan.  Secara khusus menghadapi angkutan Lebaran tahun 2017, pemeriksaan ini semakin intens dilaksanakan, hal ini diperkuat dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor: HK.209/I/3/DRJ/2013 tanggal 17 April 2017 tentang Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum, Angkutan Sungai dan Angkutan Danau.

Dinas Perhubungan Prov. Kaltim sebagai kordinator pelaksana di Provinsi telah melakukan rapat koordinasi bersama dengan Dinas Perhubungan se-Kaltim dan pihak terkait pada tanggal 09 Mei 2017. Hasil rapat disepakati untuk bersama dalam melakukan ramp check tersebut. 

Khusus untuk Bidang Pelayaran, Ramp Check pertama dilaksanakan pada hari Senin (15/05/2017) di Dermaga Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Dari hasil pemerikasaan ditemukan bahwa masih terdapat kapal yang belum sepenuhnya memenuhi standar keselamatan angkutan sungai dan danau, misalnya alat pemadam yang kurang atau kadaluarsa, life jacket yang kurang dari jumlah penumpang, kelengkapan dokumen kapal yang tidak lengkap/ habis masa berlaku, para awak yang tidak bisa menunjukkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) Awak Kapal dan sebagainya.

Atas dasar temuan tersebut, Dinas Perhubungan Prov. Kaltim menyarankan kepada Dinas Perhubungan Kota sebagai pihak yang bertanggung jawaab di lapangan maupun pihak operator/pemilik kapal agar segera memenuhi atau melengkapi kekurangan peralatan keselamatan maupun administrasi surat-surat. Kepada pihak pemberi izin berlayar juga disarankan tidak memberi izin berlayar jika persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi. Dalam kesempatan ini Dinas Perhubungan Prov. Kaltim juga memberikan bantuan berupa life jacket kepada Dinas Perhubungan Kota Samarinda untuk dapat difungsikan sebagai alat peraga/sosialisasi keselamatan kedepan.

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 45

Yesterday 230

Week 510

Month 4819

All 154565

Currently are 53 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Thunderstorms, 29 °C
Current Conditions
Sunrise: 5:52 am   |   Sunset: 5:59 pm
70%     9.7 km/h     1010.000 in
Forecast
Wed Low: 22 °C High: 30 °C
Thu Low: 23 °C High: 31 °C
Fri Low: 23 °C High: 28 °C
Sat Low: 23 °C High: 29 °C
Sun Low: 23 °C High: 30 °C
Mon Low: 23 °C High: 29 °C
Tue Low: 23 °C High: 28 °C
Wed Low: 24 °C High: 27 °C
Thu Low: 23 °C High: 27 °C
Fri Low: 23 °C High: 26 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.



JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...