Slider
Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

BALIKPAPAN – Dalam rangka mewujudkan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Tahun 2011 – 2035 dan juga sesuai amanah dari PP No. 37 Tahun 2017, dimana hal ini langsung direspon oleh Pemprov. Kaltim melalui Dinas Perhubungan Prov. Kaltim dengan membuat Dokumen Rencana Aksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RAK LLAJ) Prov. Kaltim Tahun 2020 – 2024, yang selanjutnya diadakannya pertemuan dan koordinasi tingkat Prov. Kaltim yang diwujudkan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) RAK LLAJ Prov. Kaltim Tahun 2020 – 2024 yang dilaksanakan di Hotel Grand Jatra  Balikpapan, Rabu (13/11/2019).

 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim, Bapak H. Salman Lumoindong dan dalam sambutannya beliau menekankan peran pentingnya sinergitas dari           5 (Lima) Pilar Keselamatan Jalan dalam rangka mewujudkan target dari RAK LLAJ Prov. Kaltim 2020 – 2024 yaitu menurunkan jumlah kejadian kecelakaan jalan dan fatalitas korban kecelakaan jalan. Dan sebagai informasi bahwa Dokumen RAK LLAJ Prov. Kaltim ini merupakan pertama kali dan satu-satunya di Indonesia yang telah dibuat.

 

Dalam kegiatan ini diisi oleh 5 (lima) orang nara sumber yaitu : Bapak Salman Lumoindong (Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kaltim), Bapak Sigit Irfansyah (Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjendat. Kemenhub), Bapak Kombespol Darto Juhantono (Kasubdit. Dikmas Korlantas Polri), Bapak Erwan Hermansyah (Kementerian PUPR & Pera) dan Bapak dr. Ivan Haryadi (Dinas Kesehatan Prov. Kaltim). Dan dalam kegiatan FGD ini dihadiri oleh Dishub. Prov. Kaltim, Bappeda Prov. Kaltim, DPUPR Prov. Kaltim, Dinas Kesehatan Prov. Kaltim, Polda Kaltim, Dinas Pendidikan Prov. Kaltim, Satpol PP Prov. Kaltim, Disperindagkop Prov. Kaltim, BPTD XVII, BPJN XII, Forum LLAJ Prov. Kaltim, Dishub. Kab/Kota, Bappeda Kab/Kota, DPUPR Kab/KotaForum, Dinas Kesehatan Kab/Kota, Polres, Dinas Pendidikan Kab/Kota, Disperindagkop Kab/Kota, Forum LLAJ Kab/Kota, Organda, PT. Jasa Raharja, Unmul, Uniba, Politeknik Samarinda, IAIN, Untag, LP2K, IMI, akademisis, perusahaan aplikasi dan pengusaha angkutan umum.






Gubernur Isran Noor mengatakan bahwa jabatan itu merupakan tugas, amanat dan kepercayaan yang harus dipertanggung jawabkan. Tugas ini merupakan ujian baru yang harus dilaksanakan dengan baik. Amanat itu dari Allah SWT bukan dari Gubernur, Pansel atau KASN. "Pansel hanya sebagai "Tangan"Allah", ujar Isran.

Gubernur Prov. Kaltim Isran Noor melantik dan mengambil sumpah 103 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas pada lingkungan Provinsi Kaltim di Pendopo Odah Etam (01/10/2019). Diantaranya Kadis Pariwisata, Kadis Sosial, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Dikbud, Karo Humas dan Karo PPOD.


Gubernur Kaltim Isran Noor membuka Rakor Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Prov. Kaltim di Balikpapan (18/09/2019). Gubernur berharap sinergitas dan sinkronisasi dalam penyelenggaraan RTRW antara Provinsi dengan Kab/Kota perlu ditingkatkan. Apalagi Kaltim akan menjadi Ibukota Negara (IKN). Ada pekerjaan mendesak seperti persiapan membuat RTRW IKN penetapan lokasi tanah - tanah untuk konektivitas dan lainnya "TKPRD harus mampu merencanakan Penataan Ruang yang tepat". kata Isran. 

Pelaksanaan Rakor TKPRD sesuai amanat UU no. 26/2007 tentang Penataan Ruang (PR) dan Permendagri no. 116/2017 tentang koordinasi PR Daerah. TKPRD adalah tim ad-hoc yang membantu tugas Gubernur dalam pelaksanaan koordinasi PR di daerah. Kadis PUPR Prov. Kaltim Taufik Fauzi mengatakan bahwa Rakor dilaksanakan dengan tema Penguatan Fungsi Kelembagaan PR untuk mendukung perwujudan IKN di Kaltim. Dihadiri OPD Prov, TKPRD Kab/Kota menghadirkan narasumber Pejabat BPN Pusat dan Akademisi ITB.


Kadishub Prov. Kaltim Salman Lumoindong memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 di Dermaga KSOP Samarinda (17/09/2019). Dihadiri oleh semua instansi Perhubungan Pusat dan Daerah. Tema Harhubnas 2019 adalah : "Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan Indonesia Unggul Indonesia Maju:.


Kapolda Kaltim mengharapkan kinerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar UPP Prov. Kaltim dapat ditingkatkan lagi untuk memberikan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang baik. Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Edhy Moestofa, beliau menekankan upaya maksimal terhadap pencegahan pungli berupa sosialisasi, kampanye anti korupsi, penerapan SOP perjanjian yang transparan. Acara Raker dan Anev Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Kaltim berlangsung di Balikpapan (16-17 Sept 2019).

Satgas Saber Pungli di Prov. Kaltim dibentuk dengan SK Gubernur Kaltim no. 356/K. 585/2016 yang diubah dengan SK Gubernur no. 356/K/ 320/2019.

Diketuai Irwasda Polda Kaltim dengan Wakil ketua Inspektur Provinsi, Asisten Pengawas Kejati, dan Irdan VI/ Mulawarman. Terdiri atas Kelompok Ahli dan 4 Pokja (Intelijen, Pencegahan, Penindakan, Yustisi). Rekapitulasi OOT Satgas Saber Pungli di Prov. Kaltim sampai saat ini berjumlah 39 kasus, 63 tersangka dengan barang bukti Rp 376.251.000


Provinsi Kaltim kembali mendapatkan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama 2019. Menhub Budi Karya Sumadi menyerahkan langsung kepada Gubernur Kaltim melalui Kadis Perhubungan di Jakarta (15/09/2019).

Penghargaan WTN diberikan kepada Prov/Kota/Kab yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penilaian berdasar bidang : Lalu Lintas, Angkutan Umum, Sarana Transportasi Darat, dan Umum. Penerima WTN 2019 adalah Kukar, Balikpapan, Samarinda dan Provinsi Kaltim sebagai pembina terbaik.


Page 1 of 10

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.



Pesan Masyarakat

...