Slider
Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

BPSDM Prov. Kaltim, menerima Sertifikat Akreditasi (A) PBJ dan Sertifikat Penetapan Tempat Uji Kompetensi (TUK) PBJ Mandiri dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP). Plt.Ka.BPSDM Kaltim, DR.Aswin menerimanya dari Ka.LKPP Roni Dwi Susanto pada acara Rakor LPPBJ dan Fasilitator PBJ di Batam (21/08/2019).

BPSDM Kaltim berperan menyelenggarakan pelatihan teknis dan kompetensi PBJ dan berkoordinasi dengan BKD, UKPBJ, dan unit lainnya melajukan pembinaan karier dan pengembangan kompetensi PBJ.

Dalam sambutannya Ka. LKPP mengatakan PBJ Pemerintah mempunyai peran penting mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah.

PBJ yang memberikan pemenuhan nilai manfaat yang sebesar-besarnya (value for money) dan kontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri, peningkatan peran Udaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah serta pembangunan berkelanjutan. "Oleh karena itu dibutuhkan Mitra strategis mewujudkan PBJ yang kredibel", kata Roni


Kadishub Prov. Kaltim Salman Lumoindong membuka acara Sosialisasi Peraturan Perijinan BU Angkutan Pelayaran di Samarinda (20/08/2019). Dengan tema Sinkronisasi Persepsi dalam Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal, dihadiri seluruh pemangku kepentingan: Kemenhub RI, Dishub, KSOP, KUPP, Pelindo, APBMI, ALFI, dan lainnya.

Dalam sambutannya Kadishub Kaltim memaparkan permasalahan yang perlu didiskusikan. Antara lain: Soal perlu Moratorium sementara ijin usaha baru PBM, BUP yang memonopoli kegiatan BM, TUKS/Tersus digunakan BM umum, dan masalah Tarif Tenaga Kerja BM.

Salman menjelaskan dari 224 Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang berijin, hanya 50% yang aktif, sehingga perlu pembinaan dan pengawasan terhadap PBM.

"Harus dilakukan perhitungan volume arus barang dengan jumlah PBM sehingga terjadi keseimbangan", ujar Salman.


KADISHUB PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-74 TH.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur Ir. Salman Lumoindong, MM memimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019.

Pada Peringatan HUT RI ke-74 ini ditandai dengan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan tepat pukul 07.30 wita di depan Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dan diikuti oleh seluruh Jajaran Pejabat dan Staf di lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur.

Tepat pukul 10.00 wita selanjutnya Kepala Dinas Perhubungan beserta Jajaran Eselon III & IV mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Stadion Madya Sempaja Samarinda yang dilaksanakan oleh Pemprov. Kaltim.

Dalam Upacara ini Dishub Kaltim menurunkan dua peleton untuk mengikuti sesi Penaikan Bendera (pagi) dan sesi Penurunan Bendera (sore).

Adapun yang menjadi Thema pada HUT RI ke-74 Tahun ini adalah "SDM Unggul Indonesia Maju".

Pada malam hari dilanjutkan dengan menghadiri Malam Syukuran HUT RI ke-74 Tahun yang dipusatkan di Plenary Hall Convention Hall Stadion Sempaja, yang dimeriahkan dengan pembagian Doorprize hingga penampilan artis ibukota Kikan (eks Vokalis Cokelat Band) dan Candil serta Samrah El-Samar.
Salah satu staf Dishub Kaltim beruntung mendapatkan Doorprize Utama yakni Hadiah Umroh ke Tanah Suci.
 
(Jurnal-BPKA@17/08/2019)


Gubernur Kaltim, Isran Noor membuka Raker optimalisasi pendapatan daerah berdasarkan geospasial. Acara dibarengi Penandatangan MoU antara Gubernur dengan Bupati/Walikota se-Kaltim tentang peningkatan pajak daerah serta MoU e-Samsat Pegadaian. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Prov. Kaltim berlangsung di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda (13/08/2019).

Maksud Raker untuk melakukan inventarisasi sistem produksi dan sistem ekonomi kawasan yang ditetapkan dalam RTRWP serta kebijakan-kebijakan pengelolaan produksi dan ekonomi kawasan.

Gubernur Kaltim berharap agar Bapenda terus lakukan inovasi dalam sektor perpajakan. Guna meningkatkan pendapatan daerah. Potensi pendapatan daerah dari sumber daya Kaltim : Pertambangan, Kehutanan, Perkebunan, Kelautan dan lainnya sangat besar yang harus digali Pemprov Kaltim "Petugas pemungut pajak harus semangat mencari terobosan, jangan letoy". ujar Isran.

Kajiang peningkatan pendapatan daerah berdasarkan geospasial dilakukan oleh Bapenda bekerjasama dengan Pusat Kajian Pengembangan dan Penataan Ruang Universitas Mulawarman Kaltim.


Kegiatan Nasional Aksi Bersih-bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (SIPANTAS JALAN) berlangsung di Kaltim.

Sinergitas Dishub Provinsi Kaltim bersama BPTD XVII Kaltimtara, Kepolisian, dan Jasa Raharja melaksanakan aksi pembersihan Rambu di sepanjang jalan Nasional ruas Samarinda - Balikpapan, Jumat (09/08/2019). Sebanyak 25 Rambu telah dibersihkan dari target 200 buah Rambu.

Kegiatan Aksi ini serentak di seluruh Indonesia dalam rangka peningkatan keselamatan, edukasi keselamatan berlalu lintas di jalan dan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.


Sejak beroperasinya Bandara APT. Pranoto Samarinda  tanggal 24 Mei 2018 dan dilayani oleh pesawat  berbadan lebar jenis Boeing 737-900ER dan Airbus A-320  dengan frequensi mencapai 46 pergerakan perhari.

Terkait kondisi tersebut maka konstruksi lapis perkerasan harus tetap terjaga dan terpelihara daya dukungnya.

Dinas Perhubungan Prov. Kaltim selaku pelaksana pembangunan bandara bersama-sama dengan UPBU APT. Pranoto selaku pengelola bandara berupaya meminimalisir potensi-potensi kerusakan yang mungkin terjadi.

Dinas Perhubungan menghadirkan Tim Panel Ahli dari Kementerian Perhubungan selaku penasehat teknis (technikal advisor) antara lain :
lr. Wardhani Sartono, M.Sc. (Ahli Flexibel Pavement)
Dr. lr. Latif Budi Suparma, M.Sc. (Ahli Flexibel Pavement)
Dr. lr. Suprapto Siswosukarto, M.Sc. (Ahli Beton)
untuk dapat membantu menganalisa kondisi konstruksi lapis perkerasan saat ini, memberikan advice teknis tentang metode pemeliharaan dan tutorial spesifikasi teknik aturan-aturan terbaru yang dipakai oleh Kementerian Perhubungan  khususnya aturan-aturan kebandarudaraan.

Agenda Technical Advisor di bandara APT Pranoto ini diagendakan selama 3 hari mulai tanggal 06 - 08 Agustus 2019.
 
(Jurnal-BPKA@08/08/2019)


Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur kembali menyelenggarakan pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi 2019. Dibuka oleh Kadishub Salman Lumoindong di Hotel Swissbell, Samarinda (30/07/2019). Bertujuan mencari Sopir kendaraan umum teladan berperilaku bijak berkendara, yaitu : toleransi, saling menghargai, berwaspada, berdisiplin, tanggung jawab, tetap tenang dalam situasi dan kondisi serta punya pengetahuan baik dalam berkendara.

Diikuti 25 orang wakil dari Abdi Yasa Teladan 2019 tingkat Kota Samarinda, Balikpapan, Kukar, Kutim dan Berau. Peserta diberi pembekalan berkendara oleh narasumber dari : Kepolisian, BPTD Kaltimtara, Dishub Prov, Jasa Raharja, BPSDM Prov, dan Pakar. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan di jalan dan memberikan pelayanan terbaik, aman, nyaman, dan berkeselamatan pada pengguna jasa angkutan, sesuai amanat UU no. 22/2009 tentang lalu lintas.

Sopir teladan terbaik 1 dan 2 akan mewakili Provinsi Kalimantan Timur dalam pemilihan Abdi Yasa Nasional 2019


Forum Keselamatan Pelayaran Prov. Kaltim kembali menggelar pertemuan di Samarinda (31/07/2019). Dihadiri oleh semua stakeholder Perhubungan Pusat dan Daerah. Berlangsung dengan penuh semangat bersatu demi keselamatan pelayaran. Narasumber bpk James M, Kasi Penegakan Hukum Dit.TSDP Kemenhub RI, menjelaskan prinsip prinsp keselamatan pelayaran yang harus diperhatikan, yaitu : Sarana, Prasarana, SDM, SOP, Lingkungan, dan Sanksi.

Kepala KSOP Samarinda Dwiyanto menyoroti tentang perlunya satu pemahaman Peraturan. "Pelayaran sungai Mahakam punya kekhususan yang musti jadi perhatian bersama". ujar Dwi.

Kadishub Kaltim, Salman Lumoindong memaparkan fakta yang berkembang terkait operasional angkutan SDP di Provinsi Kalimantan Timur. Harus dicari solusi bukan saling tuding. "Mari kita buang ego sentris, untuk pelayanan masyarakat terhadap angkutan SDP", lantang Salman.

Kasi BPTD XVII Kaltimtara, Ilham akan lakukan terobosan berupa kolaborasi antara KSOP, BPTD, Dinas Perhubungan / Kabupaten dalam sertifikasi kapal.

Perserta Forum sepakat akan duduk satu meja mencari solusi terhadap pemahaman Peraturan Menhub, baik sisi kewenangan maupun operasional di lapangan.


Tataran Transportasi Wilayah (TATRAWIL) adalah tataran transportasi yang terorganisasi secara kesisteman, terdiri dari transportasi jalan, transportasi jalan rel, transportasi sungai dan danau, transportasi penyeberangan, transportasi laut dan transportasi udara yang masing-masing terdiri dari sarana dan prasarana yang saling berinteraksi membentuk suatu sistem pelayanan jasa transportasi yang efektif dan efisien, terpadu dan harmonis yang berfungsi melayani perpindahan orang dan atau barang antar simpul atau kota wilayah dan dari simpul atau kota wilayah ke simpul atau kota nasional atau sebaliknya.


Gubernur Kaltim, Isran Noor hadiri Indonesia Infrastructure (IIIF) di St Paul's 200 Aldersgate, London, Selasa (2/7/2019).

Hadiri Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Dubes RI di UK Rizal Sukma, Gubernur BI Perry Warjiyo, Kaper BI Kaltim Muhammad Nur, serta para pengusaha dari United Kingdom (UK).

Dihadapan pengusaha Eropa, Gubernur menawarkan KEK Maloy, Samarinda - Bontang Toll Road, pengembangan pariwisata di Pulau Maratua, Pabrik Semen Berau, Coastal Road Balikpapan Segmen II, pengembangan dua proyek kilang minyak di Kota Balikpapan dan Bontang.

"Yang pasti semua potensi akan kita tawarkan. Terserah mereka nanti berminat dengan investasi yang mana. Semuanya juga tidak apa-apa," kata Gubernur Isran Noor.


Page 1 of 9

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.



Pesan Masyarakat

...