...
Custom Adv 1

KALTIM Segera Bangun Bandara Perbatasan

Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) segera membangun satu lagi bandar udara (bandara) di pintu gerbang yang berbatasan dengan negara tetangga, Malaysia, yakni Bandara Long Apari di Kabupaten Mahakam Ulu. Di Kabupaten Mahakam Ulu ada dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yakni Kecamatan Long Pahangai dan Kecamatan Long Apari. Di Long Pahangai telah memiliki bandara, sedangkan Long Apari  baru direncanakan pembangunannya, Kata Kepala Bidang Udara, Hasbi.

Saat ini, lanjut dia, program pembangunan Bandara Long Apari sudah masuk dalam perencanaan dan studi lokasi. Dalam kegiatan 2015 ini telah dialokasikan anggaran senilai Rp800 juta untuk pekerjaan tersebut.

Rencananya Landasan pacu (runway) Bandara Long Apari sepanjang 1.200 meter dengan lebar 30 meter. Landasan sepanjang ini akan mampu didarati pesawat jenis ATR-42 atau pesawat jenis Hercules milik TNI. Landasan pacu sepanjang itu merupakan program awal untuk membuka keterisoliran kawasan perbatasan, sedangkan dalam jangka panjang dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, maka tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang menjadi 1.600 meter seperti bandara di Long Pahangai. Menurutnya, setelah adanya perencanaan menentukan titik lokasi, akan dilanjutkan dengan pematangan lahan dan berbagai izinnya, selanjutnya pada 2017 diharapkan dapat dilakukan pekerjaan fisik dari sisi darat.

Apabila bandara di Long Apari selesai dan berfungsi, lanjut dia, maka keberadaannya akan menjadi multi fungsi, yakni selain untuk mendukung arus transportasi penumpang, barang, dan percepatan ekonomi, juga dapat digunakan sebagai pertahanan NKRI bagi TNI karena lokasinya di perbatasan negara. Pembangunan bandara di Long Apari menjadi kebutuhan mendesak masyarakat, karena hingga kini untuk menuju lokasi itu satu-satunya akses harus menggunakan transportasi sungai mengingat belum adanya jalan darat. Sementara itu, arus transportasi sungai tidak selamanya normal karena tergantung pada musim. Jika musim kemarau, maka sangat sulit menuju kesana menggunakan speed boat karena arus sungai seperti air terjun, curam, dan berbatu sehingga membahayakan bagi keselamatan penumpang. sedangkan jika musim hujan, bahaya lain juga tetap mengintai, yakni arus akan semakin deras dan banyak kayu yang hanyut akibat dari air meluap dan membawa semua barang  yang sebelumnya ada daratan. 

Read 1819 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 67

Yesterday 181

Week 1023

Month 3415

All 70374

Currently are 61 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Isolated Thundershowers, 25 °C
Current Conditions
Sunrise: 5:52 am   |   Sunset: 6:1 pm
95%     6.4 km/h     1004.000 in
Forecast
Sat Low: 23 °C High: 28 °C
Sun Low: 24 °C High: 31 °C
Mon Low: 23 °C High: 27 °C
Tue Low: 22 °C High: 29 °C
Wed Low: 23 °C High: 28 °C
Thu Low: 23 °C High: 28 °C
Fri Low: 23 °C High: 29 °C
Sat Low: 23 °C High: 27 °C
Sun Low: 23 °C High: 28 °C
Mon Low: 23 °C High: 29 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.



JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...