...
Custom Adv 1

Bandara Paser Beroperasi 2016

Rate this item
(0 votes)

Bandar Udara (Bandara) Paser di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, ditargetkan tuntas dan dapat dioperasionalkan pada 2016, karena saat ini sudah dalam proses pekerjaan sisi udara berupa landasan pacu (runway) sepanjang 1.800 meter. Bandara tersebut dibangun di atas lahan seluas 213 hektare (ha) di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. Pembangunan bandara ini merupakan kebutuhan warga untuk mempercepat ekonomi dan kenyamanan transportasi, kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Zairin Zain.

menurutnya, Bandara Paser ke depan akan menjadi urat nadi terhadap geliat pembangunan bagi kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Bandara Paser dibangun sejak tahun 2013 dengan target panjang landasan dengan mencapai 1.800 meter.Bandara tersebut menjadi salah satu dari 20 Bandara yang tersebar di kabupaten/kota di Provinsi Kaltim, ternasuk bandara di kawasan perbatasan yang juga terus dikebut penyelesaiannya. Pembangunan Bandara Paser merupakan salah satu program yang menjadi titik berat dalam fokus program Pemprov Kaltim terkait infrastruktur. Berdasarkan perencanaan anggaran tahun 2013, untuk pembangunan apron, taxiway, runway, runway strip, jalan inspeksi dan jalan ground support equipment (GSE) dibutuhkan dana  Rp41 miliar dengan rincian Rp27 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Paser dan 14,5 miliar dari APBD Provinsi Kaltim. Pembangunan Bandara Tana Paser dilaksanakan dengan pola  multiyears contract atau dianggarkan secara tahun jamak selama 5 tahun dari 2011 hingga 2015 dengan total anggaran Rp482,7 miliar baik dari APBD Paser, APBD Kaltim, maupin APBN.

Ke depan pembangunan bandara oleh pemerintah mampu mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat Paser, mengingat dengan adanya bandara, maka masyarakat bukan hanya dapat memanfaatkan untuk kebutuhan transportasi, tetapi juga akan muncul berbagai kegiatan ekonomi di sekitar bandara. Diharapkan pembangunan bandara tersebut tidak mengecewakan masyarakat Paser, karena jalan poros Kabupaten Paser menuju Penajam Paser Utara (PPU) kemudian dilanjutkan ke Balikpapan jarak tempuhnya cukup lama dengan kisaran empat jam. Apalagi Kabupaten Paser merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kalimantan Selatan yang merupakan bagian dari Trans Kalimantan, sehingga pengembangan infrastruktur menjadi salah satu program prioritasnya.

Read 2009 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 49

Yesterday 194

Week 243

Month 4418

All 45399

Currently are 99 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Partly Cloudy (day), 30 °C
Current Conditions
Sunrise: 6:15 am   |   Sunset: 6:21 pm
65%     17.7 km/h     1006.000 in
Forecast
Tue Low: 24 °C High: 30 °C
Wed Low: 23 °C High: 30 °C
Thu Low: 23 °C High: 30 °C
Fri Low: 24 °C High: 29 °C
Sat Low: 23 °C High: 32 °C
Sun Low: 24 °C High: 30 °C
Mon Low: 24 °C High: 26 °C
Tue Low: 24 °C High: 27 °C
Wed Low: 23 °C High: 28 °C
Thu Low: 24 °C High: 31 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.

JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...