...
Custom Adv 1

Tahun Depan Dermaga Samarinda Seberang Siap Digunakan

Rate this item
(0 votes)

Proses pembangunan Dermaga Samarinda Seberang di Kalimantan Timur untuk tahap 2 sudah lebih dari 60 persen sehingga ditargetkan pada 2016 sudah dapat difungsikan untuk memperlancar arus kapal yang melintasi Sungai Mahakam. Pembangunan Dermaga Samarinda Seberang tahap 2 ini menggunakan dana dari APBD Provinsi Kalimantan Timur 2015 senilai Rp8,7 miliar, ujar Kepala Bidang Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Murjani.

Meskipun Dermaga Samarinda Seberang saat ini masih dilakukan pembangunan pada sisi sungai, tetapi operasionalnya tetap berjalan karena dermaga lama masih berfungsi, sehingga arus transportasi sungai dan penyeberangan baik dari Samarinda Kota menuju Samarinda Seberang maupun sebaliknya, tidak terganggu oleh pekerjaan yang berlangsung.

Sebelumnya , pembangunan dermaga Samarinda Seberang untuk tahap pertama sudah tuntas dikerjakan, yakni berupa pembangunan konstruksi yang dananya dari APBD kaltim tahun anggaran 2014 dengan nilai Rp9,5 miliar. kelanjutan pembangunan pembangunan dermaga tahap 2 pada 2015 berupa trestel  menggunakan  beton bertulang cor. sedangkan dermaga  yang ada sebelumnya  berbahan kayu sehingga  kurang kuat dan dikhwatirkan membahayakan keselamatan pengguna jasa dermaga.

Dilakukannya pembangunan dermaga di lokasi itu karena arus penyeberangan dari dan ke Kota Samarinda sangat sibuk, mengingat padatnya jumlah penduduk di Samarinda Seberang, sedangkan pusat perbelanjaan maupun pasar besar berada di kota Samarinda, seperti, Pasar Pagi, Pasar Segiri, dan sejumlah mall yang berlokasi di tengah kota. Sebenarnya ada akses jembatan yang melintasi Sungai Mahakam untuk menghubungkan dua kawasan ini, namun jika warga harus melalui Jembatan Mahakam tentu jaraknya cukup jauh, sehingga masih banyak penduduk yang memilih menggunakan jasa penyeberangan sehingga keberadaan dermaga menjadi kebutuhan masyarakat. Sebelum melakukan lelang dan pembangunan dermaga tahap 2 ini, lanjut dia, pihaknya telah melakukan jasa konsultasi atau supervisi pada Dermaga Samarinda Seberang, yakni dengan lelang senilai Rp238 juta. 

Read 890 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 232

Yesterday 268

Week 500

Month 5797

All 59462

Currently are 57 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Thunderstorms, 23 °C
Current Conditions
Sunrise: 5:59 am   |   Sunset: 6:6 pm
95%     11.3 km/h     1008.000 in
Forecast
Wed Low: 23 °C High: 31 °C
Thu Low: 24 °C High: 30 °C
Fri Low: 23 °C High: 28 °C
Sat Low: 23 °C High: 30 °C
Sun Low: 23 °C High: 28 °C
Mon Low: 23 °C High: 30 °C
Tue Low: 23 °C High: 28 °C
Wed Low: 23 °C High: 28 °C
Thu Low: 23 °C High: 27 °C
Fri Low: 23 °C High: 30 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.

JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...