...
Custom Adv 1

Informasi Laut 12

Written by April 03 2017 0

Gubernur Kalimantan Timur dalam rangka monitoring dan evaluasi jalannya pemerintahan yang efisien dan efektif melakukan road show ke beberapa wilayah di Kaltim. Setelah melakukan kunjungan ke Paser dan PPU, kali ini berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kutai Timur pada Kamis (30/03/2017). Gubernur tiba pkl. 18.30 dan langsung melakukan tatap muka dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kutai Timur, yang dalam hal ini dipimpin oleh Wakil Bupati , Kasmidi Bulang.

Dalam pengantarnya, WaBup menyampaikan bahwa Pelabuhan Sangatta (dermaga Kenyamukan) telah terpilih menjadi Tol Laut Wilayah ke – 8 dalam kebijakan Presiden Jokowi.  Terkait dengan itu, maka Pelabuhan Laut di Kenyamukan ini akan menjadi titik dalam sistem transportasi laut di Wilayah Kaltim. Ditambahkannya bahwa progres pembangunan telah mencapai 80% dari sumber pembiayaan APBD Kutim, APBD Prov. Kaltim, dan APBN; yang tertinggal adalah jalan pendekat ke wilayah dermaga kira-kira 600 meter. Hal ini akan diselesaikan oleh Pemkab dalam waktu dekat ini. Selanjutnya disampaikan, bahwa pekerjaan pembangunan juga menggunakan skema Karya Bakti yaitu pembangunan dengan bekerja sama dengan TNI.

Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Farouk Ishak juga menyampaikan beberapa arahan, yaitu mengenai  pelabuhan Kenyamukan dimana telah digagas sejak beliau masih menjabat sebagai Bupati, dan statusnya adalah pelabuhan Nasional (Pengumpul). Hal ini sesuai dengan visi pembangunan Kutim yaitu menjadikan KUTIM menjadi pusat agroindustri dalam arti luas. Untuk itu dikembangkan pelabuhan seperti  Maloy dan Kenyamukan. Menurut Gubernur, pengembangan ini harus dilakukan, sehingga terdapat fasilitas yang representatif, bukan lagi di dalam sungai seperti selama ini. Gubernur berharap ke depan, Pelabuhan kenyamukan bisa jadi Pelabuhan kebanggaan Kaltim yang dapat melayani bongkar muat barang di wilayah Kutai Timur. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kaltim akan terus mengembangkan infrastruktur dasar, seperti jalan Tol Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sangatta-Maloy.

Selain itu disampaikan mengenai pengembangan rel kereta api, yang tidak hanya kereta api khusus, tetapi juga rel kereta api untuk umum. Potensi lain, yang tidak kalah pentingnya adalah potensi perikanan. Gubernur mendorong di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kenyamukan adanya Cool Storage agar potensi perikanan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya. Untuk itu Gubernur juga mendorong Perusahaan Batubara terbesar di Kutim yakni KPC turut serta dalam membangun cool storage dimaksud, selain berjuang melalui APBD Kab. Kutim  dan APBN. Selanjutnya rombongan menuju Bukit Pelangi untuk melakukan sholat bersama dan dilanjutkan jamuan makan malam.

Written by January 11 2017 0

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bertekad untuk membuat suatu sistem pelayanan pelayaran rakyat yang baik dengan meningkatkan keamanan atau safety yang lebih baik. Hal tersebut disampaikan pada saat peresmian pengoperasian pelayaran KM Express Bahari 3B rute Pelabuhan Sunda Kelapa - Kepulauan Seribu di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (10/1).

“Kita akan melakukan ramp check reguler. Wajib bagi KSOP dengan pemilik kapal untuk mengevaluasi terus-menerus. Setelah itu perlu melakukan persiapan pada saat berangkat dan mengikuti semua prosedur yang sudah ditetapkan,” tegas Menhub.

Menhub menghimbau kepada seluruh jajaran Kementerian Perhubungan, secara khusus Ditjen Perhubungan Laut untuk mengembangkan dan mereformasi pelayaran rakyat. “Pelayaran rakyat adalah hak hidup masyarakat banyak. Banyak sekali saudara-saudara kita berusaha di pelayaran rakyat, oleh karenanya kami juga melakukan suatu reformasi berkaitan dengan pelayaran rakyat dengan cara-cara yang lebih mementingkan kepentingan rakyat,” ujar Menhub. “Apa yang dilakukan saat ini adalah suatu benchmarking baru dimana ada suatu level of securitylevel of safety dan level of service baru dan ini akan kita berikan pembelajaran bagi saudara-saudara kita yang mengelola pelayaran rakyat,” kata Menhub.

Dirjen Hubla: Semua Pelayaran Tradisional Harus Pakai Life Jacket

Pada kesempatan lain, Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan Tonny Budiono mengatakan, dalam pelayaran tradisional, yang paling penting adalah dipakainya jaket pelampung. Sebab, tugas mewujudkan keselamatan menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Tugas keselamatan bukan hanya milik regulator. Tapi juga milik semuanya, termasuk operator pelayaran dan penumpang. Intinya, karena ini pelayaran tradisional, harus pakai life jacket. Kecuali kapal Pelni dan kapal besar," kata Tonny di gedung Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (9/1/2017).

Tonny menyampaikan hal ini ketika memberikan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada para pemilik kapal tradisional. Ia menambahkan, operator pelayaran semestinya juga memberikan penjelasan kepada para penumpang bila nantinya ditemui keadaan darurat.

Tonny juga meminta kepada para operator untuk tetap memperhatikan daftar penumpang atau manifes pelayaran. Sehingga data jumlah penumpang dengan manifes yang tercatat di syahbandar juga sama.

"Selain itu juga diarahkan ke mana pintu keluar. Sama seperti di pesawat, bagaimana pramugari memberikan panduan cara memakai pelampung dan menunjukkan jalan darurat untuk keluar," ujar Tonny.

"Manifes juga harus sama dengan jumlah penumpang yang ada di kapal. Jika ada penumpang yang lebih, laporkan ke syahbandar setempat. Agar manifes jumlahnya diketahui," imbuhnya.

Tonny lebih teknis menerangkan, penumpang kapal juga mesti diingatkan soal tata tertib selama pelayaran, seperti larangan merokok selama pelayaran. Ia juga mengingatkan kepada anak buah kapal (ABK) agar tanggap bila ada potensi kebakaran.

"Kalau ditemukan ada tercium bau kebakaran, supaya langsung dicari sumber api di mana. Dan juga tolong penumpang dilarang merokok selama pelayaran. Begitu pula, tolong nakhoda jangan terjun dahulu saat kebakaran. Arahkan dulu penumpang agar semua penumpang aman. Baru terjun ke laut," ucapnya. Perlengkapan keselamatan lain yang harus dipenuhi adalah adanya Radio Komunikasi, Lampu Penerang (khusus yang melakukan pelayaran malam atau kabut) dan alat pemadam kebakaran. Sebagai penutup, disampaikan bahwa keselamatan adalah tanggung jawab semua pihak.

Sumber :

  1. http://www.dephub.go.id/post/read/menhub-bertekad-tingkatkan-safety-pada-pelayaran-rakyat;
  2. https://news.detik.com/berita/d-3391525/dirjen-hubla-semua-pelayaran-tradisional-harus-pakai-life-jacket
Written by September 27 2016 0

Proses pembangunan Dermaga Samarinda Seberang di Kalimantan Timur untuk tahap 2 sudah lebih dari 60 persen sehingga ditargetkan pada 2016 sudah dapat difungsikan untuk memperlancar arus kapal yang melintasi Sungai Mahakam. Pembangunan Dermaga Samarinda Seberang tahap 2 ini menggunakan dana dari APBD Provinsi Kalimantan Timur 2015 senilai Rp8,7 miliar, ujar Kepala Bidang Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Murjani.

Written by September 27 2016 0

Setelah pembangunan jembatan Suramadu tuntas, kini akan dibangun pelabuhan peti kemas internasional di Desa Pernajuh, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Written by September 27 2016 0

Indonesia sebagai tuan rumah Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tentunya harus melahirkan ide-ide yang cemerlang, terutama mengenai isu-isu mengenai dunia maritim. 

Page 1 of 2

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 45

Yesterday 203

Week 823

Month 2687

All 75599

Currently are 56 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Cloudy, 28 °C
Current Conditions
Sunrise: 6:2 am   |   Sunset: 6:11 pm
74%     11.3 km/h     1008.000 in
Forecast
Fri Low: 22 °C High: 30 °C
Sat Low: 23 °C High: 31 °C
Sun Low: 23 °C High: 29 °C
Mon Low: 23 °C High: 31 °C
Tue Low: 23 °C High: 28 °C
Wed Low: 23 °C High: 30 °C
Thu Low: 23 °C High: 27 °C
Fri Low: 23 °C High: 27 °C
Sat Low: 23 °C High: 27 °C
Sun Low: 24 °C High: 29 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.



JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...