...
Custom Adv 1

Gubernur Kaltim Curhat ke Komisi V DPR-RI

Rate this item
(0 votes)

Rombongan Komisi V DPRD Kaltim yang dipimpin Yoseph Umarhadi diterima Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur. Dalam kunjungannya ke Pemprov Kaltim, rombongan yang berjumlah 26 orang itu juga rencananya melakukan peninjauan di beberapa proyek yang sedang dikerjakan.

 

Dalam pertemuan itu, berbagai permasalahan di Kaltim dibahas dan dipaparkan diantaranya rencana pembangunan jalan tol, jembatan Pulau Balang, dan Trans Kalimantan.


Dalam pemaparannya, Gubernur mengatakan, prioritas pembangunan di Kaltim saat ini, yaitu jalan tol, Jembatan Pulau Balang dan Jalan Trans Kalimantan.

Dengan tiga proyek utama ini saja terbangun, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat seiring dengan terbukanya isolasi yang selama ini menjadi penghambat.

Selain tiga prioritas tersebut, Awang Faroek juga membeberkan sejumlah program lain, diantaranya pembangunan Pelabuhan Kariangau, Pelabuhan Maloy, pembangunan Rel Kerata Api, Bandara Samarinda Baru, Jembatan Mahakam Kota, hingga pembangunan jalan di wilayah Utara Kaltim yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Ia juga mengingatkan kepada anggota dewan pusat tersebut, bahwa Kaltim adalah penyumbang devisa terbesar, tapi yang didapatkan atau diterima oleh Kaltim belum seimbang. "Jadi dengan kehadiran Komisi V di Kaltim ini, saya sangat berharap sekali bahwa program-program prioritas pembangunan Kaltim tersebut dapat didukung dan dibantu pembiayaannya untuk diperjuangkan ke kementerian terkait," ujar Gubernur 

Ia juga mengatakan, Kaltim masih kekurangan pasokan listrik akibat tidak adanya supplai migas dan batu bara. Selain itu, Kaltim juga minim infrastruktur jalan dan jembatan. Migrasi penduduk ke Kaltim juga sangat besar yang mengakibatkan banyaknya pengangguran dan kemiskinan. "Hampir semua produksi migas dan batu bara di ekspor, dengan alasan kalorinya tinggi dan harganya lebih tinggi, semuanya untuk diekspor tanpa ada tersisa bagi pembangunan energy di Kaltim. Bagaimana bisa Kaltim yang kaya tetapi energi listrik saja masih kekurangan. Tapi ada yang menjadi hiburan bagi Kaltim, yakni ditetapkannya Kaltim sebagai Regional Champion bagi penanaman investasi nasional maupun asing. Begitu juga dengan Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kaltim yang berada di urutan lima nasional," tuturnya.

Menurut Awang, dari Januari-Maret 2011, tidak kurang dari Rp17,84 triliun investasi yang masuk ke Kaltim. Sehingga Kaltim memperoleh peringkat lima dari 33 provinsi untuk Penanaman Modal Asing (PMA) dan peringkat tiga untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Read 1290 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 49

Yesterday 194

Week 243

Month 4418

All 45399

Currently are 94 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Partly Cloudy (day), 30 °C
Current Conditions
Sunrise: 6:15 am   |   Sunset: 6:21 pm
65%     17.7 km/h     1006.000 in
Forecast
Tue Low: 24 °C High: 30 °C
Wed Low: 23 °C High: 30 °C
Thu Low: 23 °C High: 30 °C
Fri Low: 24 °C High: 29 °C
Sat Low: 23 °C High: 32 °C
Sun Low: 24 °C High: 30 °C
Mon Low: 24 °C High: 26 °C
Tue Low: 24 °C High: 27 °C
Wed Low: 23 °C High: 28 °C
Thu Low: 24 °C High: 31 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.

JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...