...
Custom Adv 1

PERSIAPAN ANGKUTAN LEBARAN TERPADU TAHUN 2017

Friday, 26 May 2017 00:59 Written by

Persiapan angkutan lebaran tahun 2017 


Dinas Perhubungan Prov. Kaltim mendukung terjaminnya keselamatan penumpang pengguna kendaraan umum, terlebih menghadapi lebaran tahun 2017. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya pemeriksaan (ramp check) dimana Bidang Pelayaran khususnya ASDP Dinas Perhubungan Prov. Kaltim bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota melakukan pemeriksaan dan monitoring terhadap aspek keselamatan dan kelaikan armada angkutan umum, sungai, danau dan penyeberangan di Pelabuhan Sungai Kunjang pada Selasa (16/05/2017).

Ramp check adalah pemeriksaan yang dilakukan secara periodik di lapangan (saat operasional) kendaraan-kendaraan penumpang untuk memastikan kelaikan angkutan demi menjamin keselamatan.  Secara khusus menghadapi angkutan Lebaran tahun 2017, pemeriksaan ini semakin intens dilaksanakan, hal ini diperkuat dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor: HK.209/I/3/DRJ/2013 tanggal 17 April 2017 tentang Inspeksi Keselamatan Angkutan Umum, Angkutan Sungai dan Angkutan Danau.

Dinas Perhubungan Prov. Kaltim sebagai kordinator pelaksana di Provinsi telah melakukan rapat koordinasi bersama dengan Dinas Perhubungan se-Kaltim dan pihak terkait pada tanggal 09 Mei 2017. Hasil rapat disepakati untuk bersama dalam melakukan ramp check tersebut. 

Khusus untuk Bidang Pelayaran, Ramp Check pertama dilaksanakan pada hari Senin (15/05/2017) di Dermaga Sungai Kunjang, Kota Samarinda. Dari hasil pemerikasaan ditemukan bahwa masih terdapat kapal yang belum sepenuhnya memenuhi standar keselamatan angkutan sungai dan danau, misalnya alat pemadam yang kurang atau kadaluarsa, life jacket yang kurang dari jumlah penumpang, kelengkapan dokumen kapal yang tidak lengkap/ habis masa berlaku, para awak yang tidak bisa menunjukkan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) Awak Kapal dan sebagainya.

Atas dasar temuan tersebut, Dinas Perhubungan Prov. Kaltim menyarankan kepada Dinas Perhubungan Kota sebagai pihak yang bertanggung jawaab di lapangan maupun pihak operator/pemilik kapal agar segera memenuhi atau melengkapi kekurangan peralatan keselamatan maupun administrasi surat-surat. Kepada pihak pemberi izin berlayar juga disarankan tidak memberi izin berlayar jika persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi. Dalam kesempatan ini Dinas Perhubungan Prov. Kaltim juga memberikan bantuan berupa life jacket kepada Dinas Perhubungan Kota Samarinda untuk dapat difungsikan sebagai alat peraga/sosialisasi keselamatan kedepan.


Samarinda, SOSIALISASI BNN ATAS PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN TES URINE TERHADAP PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN PROV. KALTIM


Samarinda, SERAH TERIMA JABATAN KEPALA KSOP KELAS II SAMARINDA


DISHUB_PROV._KALTIM_MEMPERINGATI_ISRA_MI’_RAJ

Friday, 28 April 2017 03:54 Written by

Samarinda,DISHUB PROV. KALTIM MEMPERINGATI ISRA MI’ RAJ


KALTIM FAIR 2017

Tuesday, 25 April 2017 23:55 Written by

KALTIM FAIR 2017, DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR


“Dalam Rangka Groundbreaking Pabrik Tepung Singkong/Tepung Pisang”

 

Setelah menginap satu malam di Sangkulirang, Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk Ishak bersama dengan Bupati Kutai Timur Bapak Ismunandar, dalam hari kedua kunjungannya ke Kutai Timur (Jumat, 31/3/2017) mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) di Teluk Golok, Kec. Kaliorang, Kab. Kutai Timur. Gubernur & Bupati serta seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari Prov. Kaltim dan Kutai Timur didampingi Direksi PT. MBS sebagai Holding Perusda kaltim sebagai tuan rumah melakukan groundbreaking Pabrik pabrik tepung singkong/tepung Pisang di wilayah KEK MBTK.

Dalam sambutannya, Direktur Utama MBS Agus Dwitarto menyampaikan bahwa KEK MBTK siap beroperasi dan menerima perusahaan-perusahaan yang akan berinvestasi di kawasan tersebut. Langkah pertama adalah dengan melakukan serah terima (penyewaan) kawasan perkantoran dari Pemerntah Provinsi (c.q. Dinas Perhubungan), untuk selanjutnya dapat disewakan kepada perusahaan yang berinvestasi. Beliau menyampaikan bahwa potensi singkong dan pisang di wilayah Kutai Timur cukup besar, dan pasar untuk tepung pun sangat besar, didukung dengan pelabuhan General Kargo yang akan diselesaikan oleh Kementerian Perhubungan, maka kedepan akan sangat potensial.

Di kesempatan yang sama, Bupati Kutim Ismunandar menyampaikan bahwa yang penting adalah keberlanjutan jangan terjadi lagi seperti  kampanye penanaman nilam, tapi begitu panen tidak ada pelemparan/ penjualan. Untuk itu diharapkan, agar kampanye pada produk singkong dan pisang diikuti oleh lembaga yang mampu untuk menyerap produksi dari petani. Lebih lanjut disampaikan jika seandainya kawasan KEK MBTK juga dapat menampung Pabrik Kelapa Sawit, maka Pemkab Kutim akan mengarahkan investor yang berencana membangun PKS nya di Kawasan KEK.

Sementara itu, Gubernur dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, bahwa pembangunan KEK ini sudah dimulai dari 15 tahun yang lalu, sejak beliau menjabat sebagai Bupati Kutim. Orang mengatakan bahwa ia hanya mimpi, namun terjawab 10 tahun kemudian, yaitu tahun 2014 dengan ditetapkannya Kawasan KIPI Maloy sebagai Kawasan Ekonomi Khusus melalui PP 85 tahun 2014. Gubernur menyampaikan bahwa Pelabuhan akan segera diselesaikan oleh Kementerian Perhubungan dengan dana sekitar 200 Miliar pada TA. 2017 & 2018. Terkait dengan kekhawatiran Bupati  mengenai keberlangsungan produksi, Gubernur berjanji akan membentuk Perusahaan Daerah yang khusus untuk menampung/membeli semua produksi petani untuk selanjutnya diproses lebih lanjut dan dipasarkan, sehingga dengan demikian petani tidak perlu lagi khawatir akan keberlanjutan pasca panen karena akan langsung diserap oleh Perusahaan Tersebut diatas. Terkait dengan pendanaan, Bank Kaltim akan membantu dengan skema kredit yang saat ini sudah dengan tingkat bunga rendah, yaitu 9 %, namun demikian harus diusahakan lagi bisa mencapai 4-5 % atau ekstrimnya tanpa bunga.   

Setelah menyampaikan arahan, Gubernur beserta Bupati Kutim dan rombongan melakukan penandatanganan dimulainya pembangunan pabrik Tepung Singkong dan Tepung pisang di KEK MBTK dan sebagai lanjutan acara groundbreaking tersebut dilakukan Panen Pisang di wilayah desa Selangkau, Kaliorang serta Panen Padi dan Singkong di Kecamatan Kaubun.


Gubernur Kalimantan Timur dalam rangka monitoring dan evaluasi jalannya pemerintahan yang efisien dan efektif melakukan road show ke beberapa wilayah di Kaltim. Setelah melakukan kunjungan ke Paser dan PPU, kali ini berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kutai Timur pada Kamis (30/03/2017). Gubernur tiba pkl. 18.30 dan langsung melakukan tatap muka dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kutai Timur, yang dalam hal ini dipimpin oleh Wakil Bupati , Kasmidi Bulang.

Dalam pengantarnya, WaBup menyampaikan bahwa Pelabuhan Sangatta (dermaga Kenyamukan) telah terpilih menjadi Tol Laut Wilayah ke – 8 dalam kebijakan Presiden Jokowi.  Terkait dengan itu, maka Pelabuhan Laut di Kenyamukan ini akan menjadi titik dalam sistem transportasi laut di Wilayah Kaltim. Ditambahkannya bahwa progres pembangunan telah mencapai 80% dari sumber pembiayaan APBD Kutim, APBD Prov. Kaltim, dan APBN; yang tertinggal adalah jalan pendekat ke wilayah dermaga kira-kira 600 meter. Hal ini akan diselesaikan oleh Pemkab dalam waktu dekat ini. Selanjutnya disampaikan, bahwa pekerjaan pembangunan juga menggunakan skema Karya Bakti yaitu pembangunan dengan bekerja sama dengan TNI.

Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Farouk Ishak juga menyampaikan beberapa arahan, yaitu mengenai  pelabuhan Kenyamukan dimana telah digagas sejak beliau masih menjabat sebagai Bupati, dan statusnya adalah pelabuhan Nasional (Pengumpul). Hal ini sesuai dengan visi pembangunan Kutim yaitu menjadikan KUTIM menjadi pusat agroindustri dalam arti luas. Untuk itu dikembangkan pelabuhan seperti  Maloy dan Kenyamukan. Menurut Gubernur, pengembangan ini harus dilakukan, sehingga terdapat fasilitas yang representatif, bukan lagi di dalam sungai seperti selama ini. Gubernur berharap ke depan, Pelabuhan kenyamukan bisa jadi Pelabuhan kebanggaan Kaltim yang dapat melayani bongkar muat barang di wilayah Kutai Timur. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kaltim akan terus mengembangkan infrastruktur dasar, seperti jalan Tol Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sangatta-Maloy.

Selain itu disampaikan mengenai pengembangan rel kereta api, yang tidak hanya kereta api khusus, tetapi juga rel kereta api untuk umum. Potensi lain, yang tidak kalah pentingnya adalah potensi perikanan. Gubernur mendorong di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kenyamukan adanya Cool Storage agar potensi perikanan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya. Untuk itu Gubernur juga mendorong Perusahaan Batubara terbesar di Kutim yakni KPC turut serta dalam membangun cool storage dimaksud, selain berjuang melalui APBD Kab. Kutim  dan APBN. Selanjutnya rombongan menuju Bukit Pelangi untuk melakukan sholat bersama dan dilanjutkan jamuan makan malam.


Kunjungan Komite II DPD RI Ke Bandara APT Pranoto (Samarinda Baru)


TINDAK LANJUT PEMBANGUNAN KERETA API DI KALIMANTAN TIMUR

Thursday, 16 February 2017 05:51 Written by

TINDAK LANJUT PEMBANGUNAN KERETA API DI KALIMANTAN TIMUR


Page 1 of 6

E-Aplikasi

 
 
 

Total Visitor

Today 232

Yesterday 268

Week 500

Month 5797

All 59462

Currently are 56 guests and no members online

Dinas Perhubungan Kalimantan Timur

Perakiraan Cuaca

Samarinda Indonesia Thunderstorms, 23 °C
Current Conditions
Sunrise: 5:59 am   |   Sunset: 6:6 pm
95%     11.3 km/h     1008.000 in
Forecast
Wed Low: 23 °C High: 31 °C
Thu Low: 24 °C High: 30 °C
Fri Low: 23 °C High: 28 °C
Sat Low: 23 °C High: 30 °C
Sun Low: 23 °C High: 28 °C
Mon Low: 23 °C High: 30 °C
Tue Low: 23 °C High: 28 °C
Wed Low: 23 °C High: 28 °C
Thu Low: 23 °C High: 27 °C
Fri Low: 23 °C High: 30 °C

About Us

Dinas Perhubungan merupakan unsur pelaksana teknis Pemerintah Provinsi.
Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah

Silahkan masukan email Anda untuk mendapatkan Informasi terbaru dari kami.

JADWAL SHOLAT

Pesan Masyarakat

...