Kontak Webmail  
Informasi Layanan
Berita
Agenda Kegiatan
Link Terkait
Galeri
Peta
Jaringan Prasarana Pelabuhan
Jaringan Prasarana Bandara
Link Terkait
Pemprov Kaltim
Statistik Perhubungan
GIS Prasarana Transportasi
Pemerintah Kota Samarinda
PT. Angkasa Pura I
User Login
User Id   
Password   
  
 
Buletin
 
 
Profil Pelabuhan Laut
 
Pelabuhan Maloy
 
 

Lokasi  : Maloy, KUTIM
Type Pelabuhan : Rencana Pembangunan
Tahun Berdiri  : 2010
Keterangan :
Pelabuhan Maloy berada diwilayah Kabupaten Kutai Timur dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) 2 berada posisi tengah. Pembangunan Pelabuhan Maloy digagas pada tahun 1983, seiring dengan Program Pembangunan Jangka Panjang Provinsi Kalimantan Timur hasil kajian TAD bahwa wilayah Kutai menyisir dari Sangkulirang – Muara Wahau akan dijadikan sebagai kawasan Perkebunan Kelapa Hibrida. Dari sisi pembangunan transportasi bahwa kebijakan Pemerintah dibidang transportasi laut menganut trade follow the ship artinya bahwa pembangunan prasrana transportasi laut akan mendorong pembangunan ekonomi lainnya. Atas dasar prinsip tersebut maka pelabuhan sebagai salah satu fungsi ekonomi ditetapkan di Maloy.
\r\nPembangunan Prasarana Pelabuhan dilaksanakan secara bertahap dimulai pada tahun 1990 dan selesai pada tahun 1995 dengan dana bersumber dari APBN.
\r\nKeberhasilan pembangunan prasarana pelabuhan tidak diimbangi dengan keberhasilan pembangunan perkebunan hal ini mengakibatkan fasilitas tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal hingga pada tahun 2001.
\r\nPemekaran Kabupaten Kutai menjadi Kabupaten Kutai Timur membawa dampak positif terhadap pembangunan wilayah di Kutai Timur, penggalian potensi wilayah memerlukan dukungan ketersediaan infrastruktur transportasi salah satunya adalah pelabuhan. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mengembangkan kawasan andalan Maloy sebagai Kawasan Ekonomi Khusus menuntut keberadaan dan kesiapan pelabuhan Maloy baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
\r\nPelabuhan Maloy merupakan satu kesatuan dengan Pelabuhan Sangkulirang yang dalam hirarkhi kepelabuhanan nasional merupakan pelabuhan regional sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.53 Tahun 2002.\r\nPosisi Pelabuhan Maloy berada didalam teluk pada posisi koordinat 00º 55’ 00’’ LS 117º 59’ 00’’BT.

\r\n\r\nPenyelenggara kepelabuhanan menjadi tugas pokok dan fungsi Kantor Pelabuhan sebagai Unit Pelaksana Teknis Pemerintah mengingat kegiatan kepelabuhanan belum berorientasi profit dan masih dikendalikan oleh Pemerintah Daerah setelah perangkat hukum yang mengatur tentang tugas – tugas dekosentrasi ditetapkan. Karena hingga saat ini peraturan pelaksana dan tugas – tugas dekosentrasi tersebut belum terbit maka penyelenggaraan pelabuhan masih menjadi urusan pemerintah.
\r\nDengan memperhatikan potensi kekayaan Sumber Daya Alam andalan Kabupaten Kutai Timur, kebijakan pemerintah mengembangkan pelabuhan Maloy menjadi Pelabuhan Utama Crude Palm Oil ( CPO ) untuk wilayah Kalimantan, dengan demikian Pelabuhan Maloy akan menjadi outlet pembangunan Kalimantan Timur untuk wilayah tengah. Untuk masuk dalam tataran tersebut maka perlu pula dilakukan pengerukan awal (capital dredging) terhadap alur dalam rangka mendapatkan kedalaman yang safety.\r\nPengembangan pelabuhan Maloy seiring dan sinergi dengan Rencana Induk Kawasan Ekonomi Khusus Maloy, dalam hal ini disediakan lahan seluas 850 x 1.150 m.
\r\nRencana kebutuhan investasi sesuai Master Plan pengembangan pelabuhan berasal dari APBN dan APBD serta investor swasta dimana anggaran APBN sebesar Rp. 40.000.000.000,-\r\n\r\n



 
  AGENDA KEGIATAN
  KOMENTAR
  ONLINE SERVICE
 
 
 
Designed by
Tim Web Dishub