Kontak Webmail  
Informasi Layanan
Berita
Agenda Kegiatan
Link Terkait
Galeri
Peta
Jaringan Prasarana Pelabuhan
Jaringan Prasarana Bandara
Link Terkait
Pemprov Kaltim
Statistik Perhubungan
GIS Prasarana Transportasi
Pemerintah Kota Samarinda
PT. Angkasa Pura I
User Login
User Id   
Password   
  
 
Buletin
 
 
Profil Pelabuhan Laut
 
Pelabuhan Samarinda
 
 

Lokasi  : Samarinda
Type Pelabuhan : Pelabuhan Pengumpul
Tahun Berdiri  : 1970
Keterangan :
INFORMASI UMUM
ALAMAT PELABUHAN
1. Alamat Pelabuhan
Kelurahan : Pelabuhan
Kecamatan : Samarinda Ilir
Kota : Samarinda
Propinsi : Kalimantan Timur

2. Status Pelabuhan : Pelabuhan Diusahakan
3. Jenis Pelabuhan : Pelabuhan Umum
4. Alamat : Jl. Niaga Timur No 130
5. Kode Pos : 75112
6. Telepon : 0541-741615, 744935
7. Faximile : 0541-741092
8. Telex/VHF : -
9. S S B
- Nama Stasiun : -
- Frequensi )KHZ/MHZ( : -
10. Kelas Pelabuhan : Kelas Satu
11. Kepanduan
- Status Pemanduan : Pelabuhan Wajib Pandu
- Koordinat Perairan Pemanduan : 03° 03' LS/ 117° 18' LT Peta No 159
00° 15' LS/ 115° 44' LT Peta No 37
- Sarana Pemanduan : Kapal Pandu 2 Unit Kapal Tunda, Kepil, kapal Cepat 1 unit Tenaga Pandu 8 (delapan)orang

PETA LOKASI PELABUHAN
Gbr Peta Kaltim, Samarinda, lay out pelabuhan

POSISI DAN WILAYAH KERJA PELABUHAN
A. KANTOR PELABUHAN :
PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG SAMARINDA JL. NIAGA TIMUR NO 130 SAMARINDA- KALIMANTAN TIMUR
B. DUKS : Jumlah 56
PT. Kitadin Corporation
PT. Tanito Harun
PT. Bukit Baiduri
PT. Surya Kaltim Perdana
PT. Hofker Putra

Pelabuhan Samarinda yang berada di kota Samarinda, tepatnya terletak di tepian sungai Mahakam.
Pada tahun 1668 awalnya Samarinda di tempati oleh orang-orang Bugis Wajo, karena saat itu kerajaan Gowa telah dikuasai oleh Belanda dan tidak menyetujui perjanjian Bongaya antara Sultan Hasanuddin dan VOC Belanda. Pada tahun 1844 di tandainya Kalimantan Timur di bawah Pemerintahan Belanda, Samarinda terus berkembang dan telah dikenal serta menarik para pedagang maupun pelaut dari Cina, India, karena sekitar sungai Mahakam kaya akan hasil-hasil emas, sarang burung. Madu, lilin lebah, gaharu, bulu burung yang indah, hasil hutan lainnya, dan juga terdapat minyak kental (Napta) yang dijual belikan secara barter dengan mata uang koin. Pada masa penjajahan Belanda sudah dibangun dermaga dari kayu selain menghubungkan antara Samarinda Ilir dan Samarinda Seberang juga dipakai kegiatan bongkar muat barang.

Pada tahun 1978 setelah melihat arus bongkar muat barang dan kunjungan kapal meningkat dari waktu ke waktu, Pemerintah Republik Indonesia memperluas Pelabuhan Samarinda dengan beton bertulang, dan pondasi tiang pancang. Dermaga tersebut diberi nama dermaga III dengan panjang 50 x 12 m.

Pelabuhan Samarinda merupakan salah satu pelabuhan yang berada di Kalimantan Timur dengan luas daratan 211.440 km2.
Kaltim merupakan salah satu propinsi di wilayah Indonesia bagian Timur yang mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah seperti migas dan batu bara dari hasil tambang, kayu, dan rotan dari hasil hutan, serta kelapa sawit dari hasil perkebunan.

Peran pelabuhan sangatlah dominan, di samping sebagai terminal dan pintu gerbang arus barang, penumpang serta hewan juga sebagai penunjang dan pemacu pertumbuhan perekonomian di Kalimantan Timur.
Wilayah dan kawasan perairan Pelabuhan Samarinda yang terletak di sepanjang sungai mahakam dengan luas 11.032 Ha dengan kedalaman alur rata-rata 5.50 M mudah terjadi pendangkalan karena keadaan tanah dasar pasir berlumpur. Oleh karena itu, telah dilakukan pengerukan setiap tahun oleh Pemda Propinsi Kaltim melalui anggaran APBN.

Pelabuhan Samarinda dengan wilayah kerja pelabuhan seluas 44.297 m2 tergolong salah satu pelabuhan yang tersibuk di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero). Hal ini terlihat dari pencapaian kinerja operasional Pelabuhan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir, yang telah mengalami perkembangan terutama arus barang petikemas realisasi tahun 2007 sebesar 145.554 teus atau kenaikan 10.74% dari tahun 2005 sebesar 131.433 teus.

Seiring dengan perkembangan sistem perdagangan, sementara fasilitas pelabuhan yang dimiliki terutama area cadangan lapangan petikemas sangat terbatas dibandingkan dengan perkembangan traffik barang khususnya terhadap petikemas. Hal ini menjadikan pelabuhan Samarinda senantiasa melakukan penyempurnaan dan perbaikan pelayanan fasilitas dan pengembangan pelabuhan yang cukup memadai, untuk itu telah dilakukan kerja sama denga pihak ke III dan Pemda setempat untuk membangun Pelabuhan TPK yang berlokasi di Palaran Samarinda.

Potensi dan hasil produksi Kalimantan Timur yang cukup menonjol adalah :
o Hasil Tambang : Minyak, gas bumi dan batu bara
o Hasil Hutan : Kayu dan Rotan
o Hasil Perkebunan : Kelapa sawit
o Hasil Perikanan : Udang Ekspor

VISI DAN MISI
“ Menjadikan perusahaan yang berdaya saing tinggi dalam memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan yang berstandar Internasional secara kompetitif dan efisien untuk mengantisipasi persaingan yang mengglobal”.

“Menjadikan pelayanan prima kepada pelayaran niaga baik internasional maupun nasional dengan produktifitas dan kinerja yang tinggi serta melakukan kerja sama dengan mitra usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.



 
  AGENDA KEGIATAN
  KOMENTAR
  ONLINE SERVICE
 
 
 
Designed by
Tim Web Dishub